Vaksin HPV Adalah Cara Mencegah Kanker Serviks

penyakit gonore pada wanita
Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita
ciri-ciri-penyakit-raja-singa-4
Ciri Ciri Penyakit Raja Singa

Vaksin HPV Adalah Cara Mencegah Kanker Serviks

vaksin-hpv-adalah-3

vaksin hpv adalah

Kebanyakan penderita penyakit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV adalah mereka yang terbiasa melakukan hubungan seksual dan berganti-ganti pasangan. Oleh karena itu, gejala HPV dapat timbul pada orang yang terbiasa seperti itu. Alat kontrasepsi seperti kondom pun tidak menjamin aman dari penularan ini. Dengan cara setia kepada pasangan adalah pencegahan penyakit ini secara efektif.

HPV adalah virus yang menginfeksi kulit (epidermis) dan membran mukosa manusia seperti mukosa mulut, kerongkongan, tenggorokan, mata, anus, saluran nafas dan alat kelamin. HVP dapat tertular melalui hubungan seksual dan non seksual seperti transmisi dari ibu ke bayi, penggunaan alat-alat yang sudah terkontaminasi, dan penggunaan WC umum. Infeksi HPV adalah penyebab umum penyakit menular seksual yang menjadi penyebab utama dari penyakit kanker serviks (leher rahim).

Penyakit kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu Human Papillomavirus (HPV). Melakukan vaksin kanker serviks adalah salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut. Infeksi HPV pada wanita akan menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang tidak normal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut akan berkembang menjadi kanker serviks.

vaksin hpv adalahUntuk wanita, pemberian vaksin HPV direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin HPV pertama diberikan saat remaja yaitu 11-12 tahun, vaksin yang kedua diberikan satu atau 2 bulan setelah pemberian vaksin pertama. Dan vaksin terakhir diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama. Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini sebagai perlindungan dengan jangka panjang dari infeksi HPV. Apabila saat remaja dosis vaksin belum lengkap, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin HPV.

Selain wanita, pria juga dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV ini. Bagi pria, virus HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin, kanker anus dan juga kanker tenggorokan, selain dari kanker serviks pada wanita. Bagi pria yang direkomendasikan untuk melakukan vaksin HPV yaitu pria yang berhubungan intim dengan sesama pria (homoseksual) atau pria yang memiliki gangguan imunitas dan berusia 26 tahun atau bisa lebih muda.

Jenis Vaksin HPV Adalah

vaksin hpv adalahVirus HPV memiliki beberapa jenis. Sekitar 40% dari seluruh jenis HPV akan menyebabkan infeksi pada daerah kelamin. Selain itu virus HPV juga memicu kanker serviks bagi wanita dan kutil kelamin bagi pria. Jenis virus ini sangat banyak golongannya, mulai dari yang risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker (16, 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59) dan risiko yang rendah atau yang tidak menyebabkan kanker yaitu (6, 11, 40, 42, 43, 44, 54, 61, 70, 72, 81).

Berikut jenis vaksin HPV adalah sebagai berikut:

  • Jenis pertama adalah Cervarix. Pada umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra vaksin jenis ini akan mencegah infeksi pada HPV-16 dan HPV-18 yang umumnya adalah penyebab kanker. Vaksin HPV ini ditunjukkan hanya untuk para wanita saja.
  • Jenis vaksin HPV yang kedua adalah Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker, vagina, vulva dan anus. Selain untuk mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga akan menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab dari kutil kelamin. Untuk pria dapat menggunakan vaksin jenis ini pada usia 9 sampai 26 tahun.
  • Jenis terakhir yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari jenis Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, 33, 45, 52, dan HPV-58 yang terkait sebagai penyebab kanker serviks. Bagi pria, jenis vaksin HPV Gardasil 9 bisa digunakan pada usia 9 sampai 15 tahun.

Keuntungan Vaksin HPV

Keuntungan menggunakan vaksin HPV adalah untuk mencegah oncogenic 6,11,16,18 dan bisa mencegah lebih dari 70 persen kasus kanker serviks (kanker leher rahim) pada wanita.

Siapa Saja yang Perlu Mendapatkan Vaksin HPV?

Vaksin HPV terbukti efektif hanya jika diberikan pada orang yang belum pernah mengalami infeksi HPV.

  1. Dianjurkan saat seseorang belum aktif dalam seksual.
  2. Kondisi fisik yang baik dan sehat.
  3. Vaksin ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil.
  4. Vaksin ini terutama dianjurkan pada wanita usia 12 sampai 55 tahun.

 

 

Comments are closed.