Ciri Ciri Penyakit Gonore Pada Pria

Uretra Wanita Bengkak

Penyebab Uretra Wanita Bengkak Yang Berbahaya

uretra wanita bengkakTabung  yang terhubung ke kandung kemih dan mengeluarkan urine diluar tubuh disebut uretra wanita bengkak. Pada wanita, uretra berada tepat diatas vagina dan biasanya berukuran 1,5 inci. Panjangnya mencapai 8 inci pada pria dan keluar dari tubuh, melewati penis dan kelenjar prostat. Karena itu, ada risiko tinggi uretra membengkak yang dialami wanita

Apa Penyebab Uretra Wanita Bengkak

Seorang wanita mungkin mengalami pembengkakan uretra karena berbagai alasan. Dokter klinik kulit akan mempertimbangkan gejala dan melakukan pemeriksaan fisik untuk melakukan diagnosis. Berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum dari uretra wanita bengkak yang harus disadari:

1. Urethritis
    • Bisa jadi karena kondisi yang disebut urethritis, yang ditandai dengan uretra wanita bengkak. Hal ini biasa terjadi pada pria dan wanita, namun wanita memiliki risiko lebih besar terhadap risiko ini. Untuk gejala, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan saat buang air kecil, sering buang air kecil, suhu tubuh tinggi, nyeri didaerah perut, menggigil dan keputihan abnormal. Anda mungkin mengalami gejala apapun jika urethritis berkembang karena klamidia atau infeksi lain.
  1. Alat Kontrasepsi Seks
    • Jika Anda menggunakan gel kontrasepsi dan kondom, mungkin akan menjadi alasan mengapa Anda mengalami peradangan uretra. Seks oral yang berkepanjangan, hubungan seksual yang kasar, dan hubungan intim di bak mandi air panas berklorin juga dapat menyebabkan iritasi uretra.
  1. Sindrom Uretra
    • Selain uretra yang membengkak, wanita dengan beberapa gejala tambahan seperti perasaan tertekan didaerah perut, sakit perut bagian bawah, sering buang air kecil, darah dalam air kencing, atau masalah kencing lainnya, bisa memiliki kondisi yang disebut sindrom uretra. Anda juga mungkin akan mengalami ketidaknyamanan didaerah vulva.
  1. Kista Golin Bartolin
    • Di area kelamin wanita, ada dua organ kecil dibawah kulit, yang disebut kelenjar bartholin. Kelenjar ini mungkin mulai menahan cairan karena penyumbatan didalamnya. Penyumbatan semacam itu bisa disebabkan oleh kista sekecil kacang polong atau sebesar marmer. Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tumbuh perlahan.
    • Anda mungkin memerlukan perawatan jika Anda mengalami gejala seperti kemerahan atau benjolan yang tidak nyeri didaerah vulva, ketidaknyamanan saat berhubungan seks, duduk, atau berbicara. Jika Anda juga demam dan menggigil, drainase dari kista, dan pembengkakan didaerah ini, ini mungkin mengindikasikan adanya infeksi.
  1. Vaginitis
    • Ini mengacu pada radang vagina dan menyebabkan gejala seperti gatal, discharge dan nyeri. Jika kondisi seperti ini terjadi perubahan keseimbangan normal bakteri sehat di vagina. Ini juga bisa terjadi bila Anda mengurangi kadar estrogen setelah menopause. Gejala yang paling umum adalah gatal vagina, keputihan, buang air kecil yang menyakitkan, nyeri saat berhubungan seks dan bercak ringan.
  1. PMS Dan Alat Kelamin Lainnya
    • Terlebih lagi, uretra wanita bengkak bisa disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS), seperti gonore, klamidia, AIDS, dan sifilis. Memar saat bersenggama, penggunaan antibiotik yang berlebihan, dan infeksi bakteri juga dapat menyebabkan peradangan uretra.

uretra wanita bengkak

Gejala Uretra Wanita Bengkak Diantaranya:

Gejala utama peradangan uretra dari uretrhitis adalah nyeri dengan buang air kecil (disuria). Pada kedua jenis kelamin, gejala uretra wanita bengkak dapat menyebabkan:

1. Sakit perut bagian bawah
  2. Perasaan tertekan dibagian perut
  3. Rasa urgensi untuk buang air kecil (kencing)
  4. Lebih sering buang air kecil
  5. Susah buang air kecil
  6. Sakit saat buang air kecil
  7. Darah dalam urine
  8. Sakit saat berhubungan seksual
  9. Nyeri pelvis kronis (biasanya diatas tulang kemaluan)
  10. Bengkak atau nyeri dipangkal paha

Ada juga beberapa gejala yang hanya ditemukan pada pria, ini termasuk:

1. Pembengkakan buah pelir
  2. Sakit saat ejakulasi
  3. Darah di air mani

Adapun pada uretra wanita bengkak juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan didaerah vulva.

Bagaimana Uretra Wanita Bengkak Didiagnosis

Diagnosis uretra wanita bengkak biasanya dilakukan bila penyebab gejala yang lebih umum dikesampingkan. Penyebab ini meliputi infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Pertama dokter akan meninjau kembali gejala dan riwayat kesehatan Anda, kemungkinan iritasi dari riwayat seksual Anda. Dan mungkin juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel urine.

Dokter mungkin akan memutuskan untuk mengambil sampel darah atau ultrasound didaerah panggul. Jika beberapa perawatan pertama tidak ada reaksi, dokter mungkin akan menggunakan ruang lingkup untuk melihat bagian dalam uretra Anda.

Pada wanita itu bisa lebih sulit untuk menemukan apa yang menyebabkan gejalanya. Urethritis hampir tidak pernah menyebabkan keluarnya cairan dari uretra wanita. Terkadang uretra berwarna merah atau bengkak. Dokter akan memeriksa uretra dan area disekitarnya

Jika Anda mengalami buang air kecil yang menyakitkan, maka dokter akan menduga adanya infeksi. Dokter akan segera mengobati dengan antibiotik sambil menunggu hasil tes laboratorium keluar. Tes dapat membantu memastikan diagnosis urethritis dan penyebabnya, tes urethritis meliputi:

1. Pemeriksaan fisik, termasuk alat kelamin, perut, dan rektum
  2. Tes urine untuk gonore, klamidia, atau bakteri lainnya
  3. Pemeriksaan debit apapun dibawah mikroskop

Tes darah seringkali tidak diperlukan untuk diagnosis urethritis. Tapi tes darah bisa dilakukan dalam situasi tertentu.

Pengobatan Dari Uretra Wanita Bengkak

Dokter menggunakan sejumlah pendekatan untuk mengatasi kondisi uretra wanita robek. Perubahan gaya hidup, pengobatan dan operasi dapat membantu meredakan gejala dan mencegah agar kondisi uretra wanita robek tidak kembali.

• Perubahan Gaya Hidup
    • Dokter akan meminta untuk berhenti menggunakan produk atau melakuan aktivitas yang dapat mengganggu uretra Anda, seperti menggunakan sabun wangi atau naik wahana sepeda yang panjang
  • Jenis Pengobatan
    • Antibiotik yang sering digunakan jika dokter mencurigai adanya infeksi yang tidak muncul pada tes. Anestetik, antispasmodik, antidepresan yang bekerja pada saraf untuk membantu meringankan rasa sakit kronis. Alpha-blocker yang memperbaiki aliran darah dengan merelaksasi otot-otot dipembuluh darah Anda
  • Operasi
    • Dalam beberapa kasus uretra wanita robek, dokter perlu memperluas uretra denan melakukan operasi atau menggunakan dilator. Pembedahan dilakukan hanya jika gejalanya dianggap karena penyempitan uretra. Konstriksi bisa terjadi karena luka, radang, dan jaringan parut.