Penyebab Sifilis Pada Pria Dan Wanita

Kenali Penyakit Kelamin Wanita

Penyebab Sifilis Pada Pria Dan Wanita

penyebab sifilis

penyebab sifilisPenyebab sifilis – Sifilis atau sering disebut raja singa merupakan infeksi yang ditularkan melalui berkontak langsung dengan luka siflis melaui selaput lendir dan kulit seperti anus, rektum, vagina, mulut dan bibir, paling sering selama melakukan aktivitas seksual oral, vaginal atau anal. Sifilis awalnya muncul terasa sakit pada alat kelamin, mulut atau rectum dan bisa menjadi aktif dan hidup dalam tubuh selama puluhan tahun serta bertahun tahun. Sifilis sangat meningkatkan risiko terlutar HIV. Penyebab sifilis adalah bakteri yang bernama treponema pallidum.

Pada umumnya orang yang mengidap sifilis tidak merasakan gejala atau tidak sadar bahwa ia telah terinfeksi bakteri sifilis. Sebab pada awal terjadi tidak terasa sakit, hanya ada luka atau lesi pada bagian yang terinfeksi. Oleh karena itu, penyakit sifilis ini sulit dikenal oleh orang awam. Jadi, apabila anda mempunyai luka terutama pada bagian kelamin, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang benar dan tepat. Apabila dinyatakan positif terkena sifilis maka anda bisa langsung melakukan pengobatan secara intensif.

Jika anda terlambat dalam pengobatan ini maka akan beresiko kebutaan, masalah pendengaran, kelumpuhan, impotensi, demensia bahkan dapat membunuh anda. Bagi anda yang ingin mengetahui tentang penyakit sifilis atau ingin mengurangi bahaya sifilis maka anda bisa cari tahu apa saja yang menjadi penyebab sifilis dengan berkonsultasi oleh konsultasi medis online kami.

Penyebab Sifilis

penyebab sifilis

Penyebab sifilis paling utama adalah bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Cara penularannya yaitu dengan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi sakit sifilis atau sakit selama melakukan aktivitas seksual.

Bakteri dapat masuk dengan cara melalui luka kecil atau lecet di selaput lendir atau kulit. Sifilis menular pada tahapan primer dan sekunder, dan terkadang pada periode laten awal. Penyebab sifilis juga karena berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau bisa juga melalui ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama masa kehamilan.

Penyebaran sifilis tidak akan terjadi jika menggunakan toilet yang sama, pakaian atau peralatan makan, bak mandi, dari gagang pintu, baik air panas ataupun kolom renang. Setelah penyakit sifilis sembuh, maka tidak akan kambuh kembali. Tetapi seorang dapat terinfeksi kembali apabila melakukan hubungan seksual dengan orang yang terkena sifilis.

Faktor resiko

Seseorang bisa mempunyai resiko yang lebih besar untuk tertular sifilis apabila :

• Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan
  • Melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau kondom
  • Terinfeksi HIV, virus penyebab AIDS
  • Seorang pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria lagi atau gay.

Saat anda mulai mengalami ciri-ciri penyakit sifilis maka segeralah melakukan pemeriksaan tes darah, agar anda bisa mengetahui kondisi anda saat ini. Selama proses pengobatan anda tidak boleh berhubungan seksual dan disarankan untuk mengajak pasangannya untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan saat ini.

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab sifilis dan bahaya penyakit sifilis maka sebaiknya anda tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti ganti pasangan, setialah dengan pasangan, berhati-hati dalam menggunakan barang terutama jarum dan mencari tahu kesehatan pasangan. Dan yang terpenting adalah bersabar dalam melakukan pengobatan.

Bagi anda yang ingin melakukan pengobatan atau pemeriksan penyakit sifilis anda bisa langsung datang ke klinik kami Klinik Utama Gracia atau anda bisa konsultasi langsung dengan tim konsultasi medis online kami dengan cara mengklik tombol di bawah.