Penyebab Sering Buang Air Kecil Dan Cara Mengobatinya

vs
Perbandingan Klinik Kami dengan Klinik Lain
sakit saat buang air kecil
Sakit Saat Buang Air Kecil

Penyebab Sering Buang Air Kecil Dan Cara Mengobatinya

penyebab-sering-buang-air-kecil-1

Apa Saja Penyebab Sering Buang Air Kecil ?

apa saja penyebab sering buang air kecilSetiap orang pasti buang air kecil setiap hari apalagi sampai mengganggu saat tidur, tentunya ini sesuatu yang tidak lazim, ini bisa disebabkan karena kebanyakan minum atau bisa disebabkan oleh penyakit. Yang harus kita ketahui adalah hal-hal apa saja yang menjadi penyebab sering buang air kecil . Adapun kriteria atau gejala yang di alami yaitu sering buang air kecil tanpa rasa sakit dan sering buang air kecil disertai dengan rasa sakit, serta perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat-saat ini.

 

1. Minum Yang Berlebihan

minum yang berlebihan adalah penyebab sering buang air kecilMinum yang berlebihan adalah salah satu penyebab sering buang air kecil. Dengan masuknya cairan ke dalam tubuh manusia secara berlebihan akan mengakibatkan respon dari organ-organ pencernaan untuk dapat mengeluarkan racun dalam pengeluaran urine dari dalam tubuh.

Hal tersebut merupakan hal yang wajar dalam pencernaan, karena dengan banyaknya cairan yang masuk ke dalam tubuh kita maka akan mempermudah kandungan cairan yang harus dikeluarkan lebih banyak dan urine yang keluar pun juga banyak.

2. Jenis Minuman

penyebab-sering-buang-air-kecil-3Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau the memiliki sifat diuretic atau memicu buang air kecil. Oleh karena itu, kurangilah minuman tersebut bila terasa terlalu sering buag air besar. Selain itu hindari juga alcohol, minuman berkarbonasi, produk-produk berbasis tomat, cokelat, pemanis buatan, dan makanan yang pedas.

 

 

3.Udara Dingin

udara dingin penyebab sering buang air kecilSalah satu factor eksternal penyebab sering buang air kecil adalah udara dingin. Ketika kita mengalami buang air kecil yang berlebihan merupakan suatu respon dari tubuh manusia yang tidak dapat mengeluarkan keringat untuk dapat melakukan sekresi.

Dengan kondisi udara yang dingin akan membuat seseorang mengeluarkan keringat, sehingga pada saat terjadi proses pengeluaran keringat dari dalam tubuh ini akan di alihkan pada proses sekresi atau melalui pembuangan air urine yang pada umumnya akan dilakukan dengan intensitas urine yang tinggi.

4. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi pada kandung kemih (Sisitis) akan menimbulkan gejala berupa sering buat air kecil disertai rasa nyeri, panas atau sakit. Air kencin yang keluar sedikit-sedikit. Kondisi seperti ini di kenal dengan istilah anyang-anyang.

5. Diabetes Melitus

Orang yang mengalami diabetes melitus / Gula darah yang tinggi adalah salah satu penyebab sering buang air kecil. Hal ini dapat  terjadi karena sifat gula yang menarik cairan (hidrofilik). Sering kencing dimalam hari saat tidur, gejala lain biasanya sering merasa haus, kesemutan, dan badan lemas.

Cara Mengobati Sering Buang Air Kecil

cara mengobati sering buang air kecil

  • Pemberian obat untuk mengontrol keinginan berkemih.
  • Melakukan operasi untuk memperbaiki fungsi kantung kemih yang rusak/terinfeksi.
  • Senam otot panggul untuk memperkuat kandung kemih dengan tujuan untuk melatih kandung kemih agar dapat menahan kencing lebih lama.
  • Mengubah diet : untuk menghindari makanan yang dapat menyebabkan iritasi kandung kemih atau bertindak sebagai diuretik, misalnya kafein, alkohol, cokelat, makanan pedas, pemanis buatan. Mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mengurangi sembelit yang memburuk kandung kemih yang terlalu aktif.

Comments are closed.