jenis-penyakit-kelamin-pada-wanita-5
vaksin-hpv-adalah-3
Vaksin HPV Adalah Cara Mencegah Kanker Serviks

penyakit gonore pada wanita

Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita – Penyakit gonore pada wanita adalah salah satu penyakit menular seksual yang cukup serius dan menyusahkan dan membuat wanita tidak nyaman. Karena penyakit ini sering menimbulkan bau yang tidak sedap kepada penderitanya dan orang disekeliling. Sehingga penderita akan menjadi stres dengan penyakit kencing nanah ini.

Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita

Penyebab penyakit gonore pada wanita adalah kuman yang bernama Neisseria Gonorhoeae (gonococcus), yang merupakan diplococcus gram negative. Kuman ini akan menginfeksi bagian selaput lendir manusia, yaitu alat kelamin, selaput lendir mata, liang dubur dan juga tenggorokan. Penularan penyakit gonere melalui hubungan seks. Apabila seseorang melakukan seks maka akan rentan terkena penyakit kencing nanah terutama hubungan seks vagina, dubur dan mulut dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan tanpa menggunakan kondom. Penyakit ini dapat menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lain terutama pada bagian kulit dan persendian.

Penyakit gonore pada wanita ini sering kali menyebabkan gangguan pada reproduksi wanita serta menyebabkan rasa nyeri panggul. Penyakit ini tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja, tetapi juga dapat menyerang bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir dapat terinfeksi gonore karena dari ibunya yang sudah terinfeksi gonore saat kehamilannya, dan bayi yang terlahir akan mengalami pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan mengeluarkan nanah. Apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kebutaan pada bayi.

Penyakit ini memiliki insiden yang tinggi dibandingkan dengan penyakit menular seksual lainnya. Walaupun angka kejadian penyakit ini sudah menurun sejak tahun 1970, tetapi hampir 800.000 kasus baru di temukan tiap tahun di AS. Di dunia diperkirakan terdapat 200 juta kasus baru setiap satu tahun.

Gejala Penyakit Gonore Pada Wanita

penyebab penyakit gonore pada wanita

Masa inkubasi penyakit gonore pada wanita sangat sulit ditemukan waktunya, karena pada umumnya penyakit gonore pada wanita ini tidak menimbulkan gejala. Sedangkan pada pria berkisar antara 2 sampai 5 hari, terkadang bisa lebih lama. Gejala penyakit gonore pada wanita biasanya jarang terjadi, kalaupun ada, biasanya tidak terasa sehingga wanita tidak menyadarinya. Gejala itu berupa nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan terkadang merasakan nyeri pada bagian panggul bawah. Selain itu, keluar semacam cairan keputihan dari vagina yang kental dan keruh.

Sedangkan gejala gonore adalah awalnya gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang mengantarkan urin dari kandung kemih menuju luar tubuh. Selanjutnya nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra dan terkadang disertai dengan darah. Jika infeksi sudah parah, nyeri akan semakin bertambah dan sekret yang keluar akan semakin kental dan keruh. Selain itu akan terasa nyeri saat waktu ereksi dan terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Proses Penularan Penyakit Gonore Pada Wanita

Bakteri gonococcus biasanya ditemukan cairan pada penis dan vagina dari orang yang sudah terinfeksi, sehingga penularan penyakit ini sangat mudah melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi bakteri tersebut. Penyakit ini tidak menginfeksi pada bagian kelamin saja, tetapi bisa menginfeksi bagian lain jika terkena cairannya secara langsung.

Bagian tubuh lain yang dapat terinfeksi oleh penyakit ini adalah anus. Hal ini disebabkan karena pasangan yang terinfeksi melakukan hubungan dengan memasukkan penis ke anus pasangannya dan mengakibatkan pasangannya tertular tepat pada bagian anus dengan melalui seks anal. Umumnya hal ini diderita oleh kalangan homoseksual.

Penyakit ini juga dapat menginfeksi bagian tubuh selain bagian reproduksi yaitu bagian tenggorokan (faringitis gonokokal). Penyebab penyakit gonore pada wanita jenis ini karena pasangan yang menjilat/mengisap bagian kelamin orang yang terinfeksi bakteri sehingga akan tertular kepada pasangannya di bagian tenggorokan melalui seks oral. Kondisi ini akan menyebabkan penderita susah/sulit untuk menelan, karena rasa nyeri pada tenggorokan akibat terserang bakteri penyakit kencing nanah.

Proses penularan umumnya tidak hanya melalui hubungan seksual saja, tetapi seks oral, seks anal bahkan proses persalinan secara normal pun dapat menjadikan penularan penyakit ini pada bayi yang baru lahir.

Cara Pencegahan Penyakit Gonore

1. Dengan cara tidak melakukan kontak seksual dengan penderita penyakit gonore baik dengan per vaginal, oral atau anal.
  2. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual akan mengurangi resiko penyakit gonore tetapi tidak dapat menghilangkan penularan gonore.
  3. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, sebaiknya tidak mengkonsumsinya.

Pemeriksaan Penyakit Gonore

penyebab penyakit gonore pada wanita

Gonore lebih dikenal penyakit kencing nanah. Ketika Anda mengalaminya sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan secara pasti apakah gonore disebabkan infeksi pada saluran kemih atau gejala penyakit gonore.

Pemeriksaan dapat dilakukan dengan mengambil sample cairan yang keluar dari vagina atau penis. Selain cairan pada alat kelamin, urine juga bisa dijadikan sebagai sample. Akan tetapi sample urine pada wanita tidak terlalu akurat dibandingkan dengan pria.

Apabila hasil pemeriksaan lab Anda dinyatakan positif terkena penyakit gonore, maka ajaklah pasangan Anda untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah dia sudah tertular atau belum. Disarankan selama masa pengobatan jangan melakukan hubungan seksual. Dalam proses pengobatan lakukanlah sampai tuntas agar bakteri tidak semakin kebal dan berkembang. Bila Anda bingung dalam mengobati penyakit ini, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim medis online kami.