Penyebab, Gejala & Pengobatan Kutil Kelamin

keputihan berwarna coklat
Apa Penyebab Keputihan Berwarna Coklat ?
keputihan-berwarna-kuning-2
Apakah Keputihan Berwarna Kuning Berbahaya ?

Penyebab, Gejala & Pengobatan Kutil Kelamin

kutil kelamin

Kutil kelamin adalah pertumbuhan lembut pada kulit dan selaput lendir dari alat kelamin. Penyakit ini dapat ditemukan pada vulva, penis, uretra, vagina, leher rahim, dan sekitar daerah anus. Kutil pada kelamin dapat menular melalui kontak seksual.

Penyebab Kutil Kelamin

penyakit kutil kelaminVirus yang menyebabkan kutil kelamin disebut human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari 70 jenis HPV. Banyak penyebabnya yang tidak bermasalah. Beberapa penyebab kutil pada bagian lain dari tubuh dan bukan alat kelamin.

Tertentu jenis HPV dapat menyebabkan perubahan pra kanker pada serviks, atau kanker serviks. Ini adalah jenis resik paling tinggi HPV. Jenis ini juga dapat menyebabkan kanker vagina atau vulva, kanker dubur, dan tenggorokan atau kanker mulut.

Fakta Penting Tentang HPV :

penyakit kutil kelaminInfeksi HPV menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual yang melibatkan anus, mulut atau vagina. Virus ini dapat menyebar, bahkan bila kutil pun tidak terlihat.

Anda mungkin tidak melihat kutil selama 6 bulan setelah terinfeksi. Mungkin anda tidak melihat mereka selama bertahun tahun. Setiap orang tidak mengetahui virus HPV itu kapan datang dan akan berkembang menjadi kutil pada kelamin. Anda lebih mungkin mendapatkan kutil dan mereka lebih cepat menyebar jika anda :

1. Memiliki beberapa mitra seksual .
  2. Aktif secara seksual pada usia dini.
  3. Menggunakan tembakau atau alkohol.
  4. Memiliki infeksi virus, seperti herpes dan stress pada saat yang sama.
  5. Memiliki system kekebalan tubuh yang lemah karena kondisi hamil, diabetes, HIV/AIDS, atau dari obat-obatan .
  6. Jika seorang anak memiliki kutil kelami, maka salah satu penyebabnya adalah berhubungan seksual.

Gejala Kutil Kelamin

gejala kutil kelaminkutil kelamin

Kutil Kelamin Dapat Terlihat Seperti:

• Bintik daging berwarna yang dibangkitkan.
  • Pertumbuhannya yang terlihat seperti kembang kol.

Pada Wanita, Kutil Kelamin Dapat Ditemukan :

• Didalam vagina atau anus.
  • Diluar anus atau vagina , atau kulit terdekat.
  • Pada leher rahim didalam tubuh.

Pada Laki-Laki, Kutil Dapat Ditemukan Pada :

• Zakar
  • Kantung kemaluan
  • Daerah selangkangan
  • Paha
  • Didalam atau disekitar anus

Kutil Pada Kelamin  Juga Dapat Terjadi Pada :

• Bibir
  • Mulut
  • Lidah
  • Tenggorokan

Gejala Lainnya Adalah :

• Peningkatan kelembaban didaerah genital dekat kutil.
  • Peningkatan keputihan.
  • Gatal pada kelamin.
  • Pendarahan pada vagina selama atau setelah berhubungan seksual.

Bagaimana Cara Pengobatan Pada Kutil Kelamin

pengobatan kutil kelaminKutil kelamin harus ditangani oleh dokter. Jangan menggunakan obat-obatan yang di maksud untuk jenis lain dari kutil. Jika anda memiliki kutil kelamin, semua pasangan seksual anda harus diperiksa oleh dokter dan harus segera diobati jika terdapat kutil kelamin.

Bahkan jika anda tidak tidak memiliki gejala gejala, anda pun juga harus diobati. Hal ini untuk mencegah komplikasi dan menghindari penyebaran pada kondisi orang yang terkena kutil kelamin.

Pada wanita dianjurkan untuk pap smear secara rutin apalagi yang telah memiliki kutil kelamin, atau jika pasangan anda yang memiliki kutil kelamin. Jika anda memiliki kutil di leher rahim anda, anda mungkin harus melakukan pap smear setiap 3 sampai 6 bulan setelah pengobatan pertama.

Untuk menghilangkan kutil kelamin dengan cara operasi atau pembedahan, cara seperti ini memerlukan dana yang tidak sedikit. Adapun metode pilihan pembedaan yang dapat dilakukan adalah :

• Prosedur ini menggunakan arus listrik untuk membakar kutil.
  • Eksisi bedah. Jenis pembedahan ini dilakukan untuk memotong kutil yang ada pada organ intim Anda. Ketika Anda melakukan pembedahan ini, Anda memerlukan anestasi lokal.
  • Terapi laser. Dokter menggunakan balok intens cahaya dan biasanya jenis pengobatan ini dilakukan ketika kutil anda sudah sangat besar dan sulit untuk diobati.
  • Pada jenis ini dilakukan untuk membekukan kutil dengan menggunakan nitrogen cair. Penyebabnya adalah kulit anda akan melepuh.

Wanita dengan perubahan prakanker yang disebabkan oleh infeksi HPV mungkin perlu perawatan lebih lanjut. Segera periksa ke dokter atau periksa ke klinik kami klinik utama gracia yang menyediakan pelayanan penyait kelamin termasuk kutil kelamin, yang akan ditangani oleh dokter spesialis pada bidangnya.