Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria

penyakit kutil kelamin pada priaPenyakit kutil kelamin pada pria dan wanita merupakan tergolong dalam jenis penyakit infeksi menular seksual yang ditandai timbulnya benjolan kecil. Benjolan tersebut terdapat di area sekitar kelamin atau dubur baik pria maupun wanita.

Penyakit kutil kelamin yang menimbulkan benjolan pada area kelamin dan dubur tidak menimbulkan rasa sakit serta tidak membahayakan bagi penderita kutil. Meskipun tidak membahayakan untuk penderita tetapi dapat menimbulkan pikiran stress dan dirasa risih bila terjadi gesekan.

Penyebab dari kutil kelamin dikarenakan adanya virus human papilloma (hpv). Kutil kelamin menyebar dengan cara kontak badan (hubungan badan) dan kulit yang bersentuhan. Apabila sudah melakukan diantara kedua tersebut, besar kemungkinan tertular ialah 60%.

Pada pria, kutil kelamin biasa tumbuh di bagian ujung kelamin (penis), pada batang, kantong zakar serta anus. Sedangkan untuk wanita kutil kelamin tumbuh di bagian vulva, leher rahim, dinding vagina, kulit diantara lubang anus dan lubang vagina.

Gejala Kutil Kelamin Pada Pria

Gejala kutil kelamin yang timbul diakibatkan oleh banyak faktor seperti yang akan dijelaskan dibawah ini, namun paling umum gejala untuk kutil kelamin ialah timbulnya benjolan pada bagian alat kelamin pria maupun wanita, berikut gejala-gejala penyakit kutil kelamin pada pria:

1. Benjolan pada alat kelamin
  2. Terdapat bintik berwarna merah muda di alat kelamin
  3. Terasa sakit pada saat buang air kecil
  4. Pada saat berhubungan badan terasa sakit
  5. Terjadinya pembengkakan pada alat kelamin

Gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas merupakan gejala umum yang sering terjadi pada pasien belakangan ini baik pria maupun wanita.

Penyebab Kutil Kelamin Yang Terjadi Pada Pria Maupun Wanita

Penyebab kutil kelamin yang paling utama ialah dikarenakan virus hpv. Virus tersebut bisa menyebabkan kerusakan sel juga memicu terjadinya penyakit kanker pada wanita seperti kanker serviks. Berikut beberapa penyebab kutil kelamin pada pria dan wanita, antara lain:

1. Kontak badan dengan penderita yang dimaksud adalah melakukan hubungan badan, bersentuhan kulit dan lain-lain.
  2. Penggunaan alat pribadi seperti penggunaan handuk, pakaian, celana, alat bantu seks dapat menyebabkan terjadinya kutil kelamin.
  3. Toilet yang dipakai bersama dapat menimbulkan penyebab dari kutil kelamin pada pria maupun wanita.
  4. Gerakan melakukan hubungan badan tidak wajar atau sehat.

Pengobatan untuk penyakit kutil kelamin pada pria atau ingin mengkonsultasikannya kepada kami bisa dilakukan dengan cara mengklik gambar dibawah ini.