Penyakit Balanitis Adalah

orang sunat dan manfaat orang sunat
Manfaat Sunat dan Metode Orang Sunat
penyakit-pada-sistem-reproduksi-manusia
Kenali Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Penyakit Balanitis Adalah

penyakit-balanitis

balanitis adalah

Balanitis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada ujung penis atau glans atau pembengkakan dan rasa nyeri serta iritasi kulit dan kepala penis. Penyakit ini dapat menyerang pada semua pria semua usia terutama pria yang tidak melakukan sunat. Beberapa penyebab terjadinya penyakit balanitis adalah karena adanya infeksi jamur (candidiasis), kuman. Infeksi menular seksual, iritasi kulit dan juga kondisi kulit tertentu.

Gejala penyakit ini yaitu terdapat ruam pada bagian kulup pria. Sementara itu, untuk mengatasi masalah ini biasanya dengan menggunakan obat obatan antibiotik. Untuk mencegah resiko terkena penyakit balanitis adalah dengan mengurangi faktor resiko dan yang paling terpenting menjaga kebersihan diri dengan baik.

Gejala Balanitis Adalah

Beberapa gejala balanitis yang biasanya terjadi pada pria antara lain:

• Nyeri dan sakit saat buang air kecil
  • Bengkak dan kemerahan pada ujung penis atau kulit penis
  • Terdapat bintil merah pada kulit kepala penis
  • Keluarnya kotoran yang berbau tidak sedap

Apabila penyakit ini tidak segera diobati, maka akan mengganggu batang penis dan bisa menimbulkan bisul dan lecet. Penyakit balanitis bukanlah penyakit yang serius, tetapi dapat menjadi indikasi adanya penyakit lain yang lebih bermasalah, seperti infeksi jamur atau infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Hal seperti ini perlu di beritahukan kepada dokter anda apabila anda memiliki gejala penyakit balanitis, terutama pada bayi laki-laki.

Penyebab

balanitisPada umumnya penyakit ini disebabkan oleh kebersihan yang buruk pada pria yang tidak sunat. Penyebab lainnya antara lain:

• Infeksi saluran kemih
  • Bakteri atau infeksi jamur
  • Cedera atau trauma
  • Alergi
  • Tidak menjaga kebersihan alat genital dengan baik
  • Hubungan seksual
  • Penyakit menular seksual
  • Kulit penis atau kulup yang ketat bisa menjebak urine, bakteri dan juga mikroorganisme lainnya, yang bisa menyebabkan penyakit balanitis.

Faktor-Faktor Resiko

• Terdapat infeksi jamur
  • Kebersihan diri yang buruk
  • Orang dengan arthritis reaktif
  • Terdapat penyakit menular seksual seperti gonore dan herpes
  • Pasien yang menderita diabetes yang tidak diobati atau glukosa yang tidak terkontrol dengan baik ketika memiliki penyakit diabetes

Pencegahan

Untuk mencegah penyakit ini bisa dengan menghindari iritasi potensi dan juga infeksi, dan selalu menjaga penis anda dengan bersih. Agar kulup penis tidak mengalami iritasi dengan cara menghindari kulup dari sabun dan mandi busa, kondom lateks, krim dan pelumas. Sementara itu untuk menjaga agar kulup tetap bersih, kita bisa memastikan bahwa kulup benar-benar bersih setelah buang air kecil, berhati-hati dalam mencuci kepala penis dengan air setiap hari dan cuci dengan lembut pada bagian bawah kulup serta mengeringkan penis setelah selesai mandi.

Pengobatan dan Perawatan

Pengobatan dan perawatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini tergantung pada penyebab terjadinya iritasi pada ujung penis. Untuk mengatasi balanitis yang disebabkan oleh jamur, pada umumnya pengobatan yang diambil adalah degan memberikan krim atau tablet anti jamur. Sementara itu, untuk mengatasi penyakit balanitis yang disebabkan oleh infeksi menular seksual dan bakteri dengan cara memberikan obat obatan antibiotik dan bisa memberikan krim steroid jika adanya penyakit ini yang disebabkan oleh iritasi. Sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

klik chat