Manfaat Sunat dan Metode Orang Sunat

fungsi-kandung-kemih-adalah
Fungsi Kandung Kemih Pada Manusia
penyakit-balanitis
Penyakit Balanitis Adalah

Manfaat Sunat dan Metode Orang Sunat

orang sunat dan manfaat orang sunat

manfaat sunat

Khitan atau sering di sebut orang dengan sunat, yaitu proses tindakan menghilangkan atau memotong sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis pria. Alasan yang paling utama orang sunat yaitu karena latar belakang faktor agama dan budaya. Namun pada kenyataannya, dalam dunia medis melakukan sunat adalah suatu alternatif pengobatan. Di Indonesia, umumnya sunat dilakukan oleh laki-laki yang menduduki sekolah dasar. Melakukan sunat tidak akan berdampak pada kesuburan pria. Berikut adalah manfaat sunat untuk pria.

Manfaat Sunat Dalam Dunia Medis

  • Dapat mengurangi resiko tertular infeksi penyakit seksual. Suatu organisasi kesehatan dunia memperkenalkan sunat sebagai tindakan pencegahan untuk pria yang aktif dalam seksual dan untuk mengurangi populasi terkena penyakit menular seksual seperti HIV. Yang harus diingat bagi para pria, walaupun sudah melakukan sunat, harus tetap melakukan hubungan seksual secara sehat dan aman.
  • Manfaat sunat selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan pada penis yang menjadi lebih terawat, karena penis yang sudah disunat lebih mudah untuk dibersihkan, sehingga kebersihan pada penis bisa selalu terjaga, dibandingkan yang tidak melakukan sunat.
  • Manfaat orang sunat juga bisa mengobati penyakit yang ada pada penis. Penyakit fimosis adalah penyakit pada kulup penis yang tidak bisa ditarik dan mengobatinya dengan cara melakukan sunat. Tindakan sunat pada phimosis sebaiknya dilakukan apabila penderita sulit buang air kecil. Bagi penyakit kanker penis, uretra dan balanitis sunat adalah pilihan alternatif pengobatan.
  • Mengurangi resiko terkena kanker serviks terhadap pasangannya kelak. Pada umumnya, wanita yang mengalami kanker serviks karena disebabkan oleh virus HPV yang diakibatkan penularan virus dengan cara berhubungan seksual. Oleh sebab itu, sebaiknya pria melakukan sunat.

Metode Orang Sunat

1. Cara Sunat Konvensional

Metode sunat konvensional ini paling umum di lakukan di Indonesia. Metode konvensional ini sudah berdasarkan prosedur sunat dan telah mengikuti standar medis sehingga lebih aman. Metode ini bisa dilakukan oleh dokter, juru sunat maupun mantri. Proses sunat ini dilakukan secara manual dengan alat seperti guntung atau pisau bedah kemudian setelah digunting lalu dijahit untuk menutup lukanya. Lama proses sunat konvensional ini 30-40 menit. Kemudian diperban dan orang sunat tersebut tidak boleh mandi selama beberapa waktu agar luka sunatnya cepat kering. Waktu penyembuhan sekitar 1 minggu.

2. Sunat Laser

Metode ini juga sudah tidak asing lagi dan banyak di dengar pada masyarakat umumnya dan sudah banyak juga yang menggunakan sunat laser ini. Tetapi memang harganya masih cukup mahal sehingga kalangan bawah kesulitan dalam ekonomi apabila ingin menggunakan metode sunat laser ini. Dengan harga yang cukup mahal, sunat laser memiliki keunggulan yaitu para ahli bedah yang melakukan proses pemotongan kulit penis, proses kerjanya tidak lama, sekitar 15 menit, sedikit mengalami perdarahan, penyembuhan lebih cepat dan tidak terasa sakit atau nyeri.

3. Metode Sunat Cauter

Metode ini sering dikatakan sebagai metode laser. Sebenarnya metode ini berbeda dengan laser, karena dokter hanya menggunakan electric cauter yaitu alat potong yang memanfaatkan panasnya listrik pada ujungnya. Metode ini bisa dikatakan lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional karena proses kerjanya lebih cepat yaitu sekitar 20 menit. Hampir tidak ada perdarahan dan luka juga cepat kering dan sembuh.

4. Metode Sunat Klamp

orang sunatJenis metode ini termasuk metode baru dalam sunat. Proses orang sunat dengan menggunakan sebuah tabung kemudian diselubungkan ke bagian penis, kemudian setelah klem sudah terpasang dengan baik selanjutnya proses pemotongan melingkar dengan menggunakan pisau bedah. Metode ini memiliki kekurangan yaitu klem harus menempel dengan penis sampai luka mengering sekitar 3 sampai 6 hari. Setelah luka kering, kembali lagi ke dokter untuk melepaskan klem tersebut.

Dan kelebihannya yaitu hampir tidak merasakan sakit sehingga setelah sunat bisa langsung beraktivitas dan proses kerjanya hanya memerlukan waktu 7-10 menit serta pendarahan minimal tanpa jahitan maupun perban. Dan keunggulan dari metode ini adalah biaya sunat lebih murah dari metode laser dan luka sayatan boleh terkena air.

Dari masing-masing metode orang sunat memiliki kelebihan dan kekurangannya baik dari segi harga, lama proses kerjanya dan juga penyembuhannya. Sebaiknya sebelum melakukan sunat, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan pada penis sehingga dokter bisa merekomendasikan anda menggunakan metode apa saja yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan anda dan dapat memberikan manfaat sunat.

Apabila anda tertarik untuk melakukan sunat, anda bisa menghubungi kami, atau gunakan layanan kami dibawah ini!

klik chat

Comments are closed.