Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita

penyakit-herpes-zoster-adalah-3
Penyakit Herpes Zoster Adalah
penyakit gonore pada wanita
Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita

Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita

jenis-penyakit-kelamin-pada-wanita-5

jenis penyakit kelamin pada wanita

Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita – Penyakit kelamin adalah salah satu penyakit yang terjadi pada bagian alat kelamin setiap orang dan biasanya tersebar melalui berhubungan seksual. Penyebaran penyakit kelamin ini seperti mikroorganisme yang hidup pada cairan, lendir dan selaput kulit. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit kelamin pada wanita yang menular sehingga dapat dikatakan penyakit menular seksual.

Berhubungan seksual yang melibatkan cairan tubuh ini dapat menyebabkan penularan penyakit kelamin secara cepat, karena area kelamin memiliki sifat yang lembab sehingga sangat cenderung untuk menjadikan tempat tinggal bakteri dan berbagai mikroorganisme.

Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita

1. Vaginitis

Vaginitis adalahjenis penyakit kelamin pada wanita jenis penyakit kelamin pada wanita yang pertama. Penyakit vaginitis merupakan salah satu penyakit peradangan organ seksual yang terjadi pada daerah vagina. Hal ini ditandai dengan mengeluarkan keputihan yang berlebihan, nyeri dan gatal. Hal ini adalah ciri-ciri keputihan tidak normal. Penyakit vaginitis ini bisa di sebabkan oleh tingkat hormon estrogen yang banyak menurun pada wanita yang sudah mengalami menopause. Penyebab lainnya adalah masalah keseimbangan pH dalam vagina.

Gejala Penyakit Vaginitis Adalah:

  • Keputihan berwarna hijau
  • Keputihan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan jumlah cairan yang keluar banyak.
  • Vagina sering mengalami gatal dan panas.
  • Terasa sakit saat buang air kecil.
  • Munculnya pendarahan di luar siklus menstruasi.
  • Sakit saat berhubungan intim.

2. Penyakit Gonore

jenis penyakit kelamin pada wanitaGonore adalah salah satu jenis penyakit kelamin pada wanita yang dapat menular. Penyakit ini menyebabkan masalah pada saluran kencing wanita maupun pria, rektum hingga tenggorokan. Apabila penyakit ini menyerang wanita maka dapat terjadi infeksi pada bagian serviks atau leher rahim. Penyebaran penyakit ini melalui hubungan seksual atau bayi yang dilahirkan secara normal dari ibu yang sudah terinfeksi virus gonore ini. Apabila hal ini terjadi maka bayi yang dilahirkan akan terkena infeksi pada bagian mata. Penyakit ini tidak sering menyebabkan gejala sampai benar-benar sudah parah.

Gejala Penyakit Gonore Adalah:

  • Sering terjadi keputihan pada wanita.
  • Pendarahan di luar waktu menstruasi.
  • Rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil.
  • Gatal pada dubur dan sakit saat buang air besar.
  • Jika sudah menyebar ke bagian mata, maka cairan akan keluar dari mata.
  • Apabila sudah menyebar ke bagian sendi maka akan mengakibatkan sakit sendi, merah, bengkak dan sulit digerakkan.
  • Jika sudah sampai tenggorokan maka tenggorokan akan sakit dan terjadi pembesaran kelenjar getah bening.

3. Servisitis

jenis penyakit kelamin pada wanitaPenyakit servisitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada bagian serviks atau mulut rahim. Awal dari penyakit ini tidak menimbulkan gejala sehingga wanita banyak yang tidak merasakan dan tidak memperhatikan penyakit ini. Terkadang gejala yang ringan saja, seperti pendarahan pada masa menstruasi. Penyakit servisitis dapat menular melalui hubungan seksual. Penyebab penyakit ini pada umumnya adalah infeksi karena berhubungan seksual dan penyakit ini berhubungan dengan penyakit gonore, herpes genitalis, trikomoniasis dan klamidia.

Penyebab lainnya adalah karena alergi terhadap penggunaan alat kontrasepsi serta cairan pembersih vagina. Kemudian gangguan pada keseimbangan pH juga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Gejala Servisitis

  • Keputihan tidak normal (abnormal).
  • Keputihan berwarna kuning, hijau atau kecoklatan.
  • Keputihan dengan bau yang tidak sedap.
  • Sering buang air kecil.
  • Keluar darah setelah berhubungan seksual.
  • Sakit saat hubungan intim.

4. Penyakit Radang Panggul

jenis penyakit kelamin pada wanita

Jenis penyakit kelamin pada wanita yang ke empat adalah penyakit radang panggul. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena infeksi bagian organ reproduksi wanita. Penyakit ini akan menular melalui bagian vagina kemudian akan menjalar ke rahim, salurah tuba falopi dan juga indung telur. Penyakit radang panggul akan menyebabkan wanita sulit untuk hamil dan mendapatkan keturunan. Jika tidak dirawat dan melakukan pengobatan, maka akan menjadi lebih parah dari sebelumnya.

Gejala Radang Panggul:

  • Nyeri pada bagian panggul dan perut bagian bawah.
  • Sering terasa keputihan yang tidak nyaman dan bau tidak sedap.
  • Sakit yang berlebihan saat hubungan seksual.
  • Terasa demam dan menggigil.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.

5. Penyakit Sifilis

jenis penyakit kelamin pada wanita

Penyakit sifilis adalah salah satu penyakit kelamin pada wanita dan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri lesi yang muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit sipilis ini. Luka akan hilang setelah beberapa minggu tetapi virus tidak hilang ia akan menetap di dalam tubuh dan penyakit kelamin ini muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh. Lecet ini akan hilang dan virus akan menyerang tubuh lain. Sipilis pada wanita lesinya akan bersembunyi pada vagina. Baca: ciri-ciri sipilis

6. Penyakit Herpes

jenis penyakit kelamin pada wanita

Apa itu herpes? Herpes adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada kulit yang ditandai dengan gelembung-gelembung yang berkelompok yang berisi cairan. Penyakit herpes ini tidak dapat sembuh tetapi bisa diobati. Gejala yang timbul antara 3 sampau 10 hari setelah melakukan hubungan seksual dengan penderita yang terinfeksi virus herpes.

Gejala awal penyakit herpes dengan muncul luka yang kemudian akan terbuka menjadi lubang kecil serta berair. Gejala ini 5 sampai 10 hari akan hilang. Penyakit ini sewaktu-waktu akan timbul lagi karena virusnya tidak mati atau hilang melainkan virus itu menetap dalam tubuh dan seketika akan aktif kembali. Pada wanita kebanyakan tidak mengetahui bila dia terkena herpes, karena lecet tersebut berada di dalam vagina.

7. Kutil Kelamin

jenis penyakit kelamin pada wanita

Kutil kelamin pada wanita adalah salah satu penyakit menular seksual yang sangat mudah tertular. Penyakit ini biasanya akan terjadi pada penderita HIV/AIDS yang sudah terkena infeksi human papillomavirus. Kondisi penyakit ini sering di temukan pada wanita dan karena vagina yang lebih lembab. Bentuk kutil akan muncul di bagian luar, benjolan berwarna merah, ukurannya kecil dan terlihat berkembang atau terdiri dari susunan.

8. HIV/AIDS

jenis penyakit kelamin pada wanita

Jenis penyakit kelamin pada wanita yang terakhir adalah HIV/AIDS. Penyakit ini adalah penyakit yang paling serius karena akan menyebabkan tidak bekerjanya sistem kekebalan tubuh seseorang akibat hubungan seksual. Tanpa melakukan pengecekan di laboratorium tidak akan terlihat gelaja secara nyata pada penderitanya. Apabila sudah 10 tahun terkena virus HIV ini, maka berpotensi akan menyebabkan kematian. Penyakit HIV/AIDS ditularkan melalui pemakaian jarum suntik bersamaan dan hubungan seksual secara bebas.

Itulah artikel sekilas tentang jenis penyakit kelamin pada wanita yang harus di waspadai. Jika anda mengalami gejala dari salah satu penyakit kelamin yang sudah dijelaskan diatas, maka sebaiknya anda periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan secara dini. Anda bisa langsung datang ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter yang ahli di bidang penyakit kelamin. Atau anda dapat konsultasi online gratis dengan tim medis online.

Comments are closed.