Ciri Ciri Keputihan Normal & Abnormal

penyebab keputihan saat hamil
Penyebab Keputihan Saat Hamil
penyakit-herpes-genitalis-adalah
Penyakit Herpes Genitalis Adalah

Ciri Ciri Keputihan Normal & Abnormal

ciri-ciri-keputihan-2

ciri ciri keputihan normal dan abnormalPada umumnya setiap wanita pasti mengalami yang namanya keputihan. Keputihan ini terjadi pada saat anda mengalami stres, saat terangsang hubungan seksual, kondisi saat hamil, dan setelah menstruasi.

Jadi keputihan adalah bukan merupakan penyakit bagi wanita, melainkan sebagai cerminan kesehatan pada wanita. Karena, lendir atau cairan yang keluar dari vagina itu menunjukkan kondisi kesehatan pada reproduksi wanita.

Keputihan memang umum dialami oleh setiap wanita, tetapi bila keputihan yang dialami jumlahnya berlebihan, berwarna, berbau dan juga gatal, maka anda mengalami masalah keputihan patologis. Permasalahannya adalah, keputihan merupakan kondisi umum yang diderita oleh wanita sehingga banyak orang yang tidak terlalu mementingkan dan sensitif dengan keputihan yang sedang dialaminya. Oleh karena itu, ketika anda melakukan pemeriksaan pap smear dokter akan mengambil sample lendir dari vagina anda untuk di bawa dan di periksa pada laboratorium dan untuk mendiagnosa.

Keputihan yang dialami oleh wanita itu dapat mengakibatkan resiko kemandulan, kehamilan ektopik dan bahkan kematian. Oleh sebab itu, perhatikanlah kesehatan pada vagina anda dengan cara mengenali ciri ciri keputihan yang sedang dialaminya. Apabila anda menemukan ciri ciri keputihan normal maupun tidak normal atau tidak seperti biasanya, maka anda harus segera konsultasika ke dokter. Apa saja ciri ciri keputihan normal dan tidak normal yang harus diwaspadai?

Ciri Ciri Keputihan

ciri ciri keputihan normal dan abnormal

Keputihan Normal

Keputihan yang normal pada wanita biasanya dialami setiap bulannya, biasanya keputihan muncul pada masa subur serta menjelang menstruasi dan setalah menstruasi. Pada kondisi tersebut biasanya lendir atau cairan akan keluar secara berlebihan. Hal itu adalah kondisi yang normal dan tidak menyebabkan rasa gatal atau bau yang tidak enak. Keputihan saat hamil itu normal dan tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung, sebab adanya selaput ketuban yang melindungi janin. Berikut adalah ciri ciri keputihan normal.

Ciri Ciri Keputihan Normal:

  • Cairan keputihan bersifat encer dan tidak kental.
  • Cairan keputihan yang keluar berwarna bening atau krem.
  • Cairan yang keluar tidak menyebabkan rasa gatal dan tidak mengeluarkan bau.
  • Jumlah cairan yang keluar sedikit.

Keputihan Abnormal (Tidak Normal)

Keputihan abnormal disebabkan oleh infeksi, yang disertai juga dengan rasa gatal didalam maupun disekitar bibis vagina bagian luar. Keputihan ini dapat muncul akibat adanya virus, bakteri dan jamur. Hal ini akan sangat mengganggu untuk kesehatan wanita pada umumnya dan yang paling penting kesehatan wanita pada bagian kewanitaannya.

Infeksi ini bisa mengakibatkan peradangan pada saluran kencing. Sehingga penderita akan merasakan sakit saat buang air kecil. Pada wanita hamil, keputihan yang tidak normal ini akan mengakibatkan bayi terkena infeksi dan bisa beresiko mengalami gangguan pada sistem pencernaannya seta gangguan pernapasannya menjadi tersumbat.

Ciri Ciri Keputihan Abnormal (Tidak Normal) :

  • Cairan yang keluar dari vagina sifatnya kental, lengket dan kadang berbusa.
  • Cairan ini berwarna putih susu atau kekuningan, bisa juga keputihan berwarna hijau.
  • Cairan yang keluar mengeluarkan bau yang tidak sedap dan sangat menyengat, amis dan gatal.
  • Jumlah cairan yang keluar berlebihan dan banyak.
  • Cairan yang keluar menyisakan bercak-bercak yang dapat terlihat di celana dalam.

Agar terhindar dari jenis keputihan yang tidak normal, anda harus benar-benar menjaga kesehatan vagina. Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan :

ciri ciri keputihan normal dan abnormal

  • Teratur dalam mengganti pakaian dalam (pilih celana dalam dari bahan katun), yaitu minimal ganti 2 kali sehari, dan basuhlah vagina dengan cara yan benar yaitu dari arah depan ke belakang, agar bakteri yang berada pada anus tidak berpindah ke vagina.
  • Jangan sembarangan melakukan kontak fisik dengan kemaluan anda, karena dikhawatirkan kuman pada tangan akan berpindah ke vagina.
  • Pilih makanan yang sehat dan minulah banyak air putih

         Baca Artikel : Makanan Penyebab Keputihan

  • Hindarilah stres, karena stres akan meningkatkan sirkulasi darah, dan dapat mengganggu keseimbangan hormon pada tubuh. Inilah yang dapat merusak pH pada daerah vagina yang dapat menyebabkan keputihan.

Apabila anda mengalami keputihan patologis atau tidak normal maka anda segera periksa ke dokter dan anda harus rajin menjaga kebersihan terutama daerah kewanitaan agar tidak lembab. Karena bakteri suka terhadap daerah yang basah dan lembab. Disarankan ketika anda mengalami keputihan patologis anda mengurangi aktifitas hubungan intim.

Konsultasikan masalah keputihan anda dengan tim medis online kami, atau anda bisa datang langsung ke klinik kami Klinik Utama Gracia agar dapat penanganan secara dini.

Comments are closed.