Apakah Keputihan Berwarna Kuning Berbahaya ?

kutil kelamin
Penyebab, Gejala & Pengobatan Kutil Kelamin
ciri ciri herpes
Apa Saja Ciri Ciri Herpes

Apakah Keputihan Berwarna Kuning Berbahaya ?

keputihan-berwarna-kuning-2

keputihan berwarna kuningPada setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan dan sudah menjadi hal yang normal atau wajar. Keputihan yang normal tidak mengeluarkan bau dan warnanya putih. Cairan yang keluarlah yang dinamakan keputihan.

Lalu apakah anda pernah mengalami keputihan berwarna kuning ? Bagaimana dengan keputihan berwarna kuning? Berbahaya atau tidak bagi kesehatan ?

Istilah pada medis keputihan diistilahkan dengan leucorrehoe/leukore atau aliran putih. Keluarnya cairan yang berlebihan dari vagina tetapi bukan darah, itu adalah leukore. Penyakit kandidiasis yang terjadi di area kewanitaan disebut dengan keputihan.

Jenis-Jenis Keputihan

keputihan berwarna kuning

Ada dua golongan keputihan yaitu, keputihan patologis dan fisiologis. Keputihan terjadi karena infeksi atau peradangan pada area kemaluan wanita.

1. Keputihan fisiologis. Faktor yang menyebabkan keputihan fisiologis adalah hormone yang dapat mengakibatkan peningkatan volume dan jumlah cairan berupa lendir pada vagina, biasa nya lendir yang dikeluarkan tidak berbau dan tidak berwarna yang fungsinya sebagai pelumas.

2. Keputihan Patologis. Penyebab keputihan ini dipicu oleh bakteri, benda asing ataupun kuman yang menyebabkan ketidakseimbangan derajat keasaman dan juga hormonal pada organ genital wanita. Keluar cairan atau lendir ini sangat tidak higienis.

Bagaimana cara membedakan keputihan yang normal dan keputihan berwarna kuning yang bau?

Lalu apakah diantara kalian pernah yang mengalami keputihan berwarna kuning serta mengeluarkan bau yang tidak enak ?

Biasanya sesudah dan sebelum haid para wanita mengalami keputihan berwarna kuning serta mengelurkan bau yang tidak enak. Ciri-ciri keputihan berwarna kuning ini adalah terasa gatal di area vagina, keputihannya berbusa, dan kadang terasa nyeri pada bagian lubang vagina, dan juga keputihan dalam jumlah yang tidak sedikit atau banyak. Cairan seperti nanah akan keluar dari vagina dan berwarna kuning agak kemerahan, bau amis, gatal yang luar biasa, lalu terasa seperti di tusuk-tusuk pada area lubang vagina.

Adapun apa penyebab keputihan berwarna kuning

keputihan berwarna kuningkeputihan berwarna kuning

1. Kekurangan Vitamin

Salah satu penyebab keputihan berwarna kuning adalah kekurangan vitamin. Tubuh kita akan banyak kehilangan vitamin dan darah pada saat menstruasi. Hal seperti ini akan memicu datangnya keputihan. Untuk menghindari hal tersebut maka perbanyaklah makan sayur-sayuran serta buah-buahan agar dapat mengembalikan vitamin dan sel darah yang hilang saat menstruasi.

2. Bakteri Dan Kuman

Bakteri atau kuman dapat hidup dan berkembang ketika area vagina kita mengalami basah dan lembab. Faktor utama penyebab keputihan berwarna kuning adalah kurangnya menjaga kesehatan terutama pada bagian vagina. Oleh karena itu jagalah kebersihan pada area yang sensitive pada wanita yaitu vagina.

3. Kurangnya Menjaga Kebersihan

Segera bersihkan cairan yang keluar dari vagina, Jika dibiarkan maka akan terjadi pengendapan dan timbul bau yang tidak enak. Kuman dan bakteri akan tumbuh dan berkembang pada kondisi seperti ini di area vagina anda. Lalu bersihkan vagina setelah buang air kecil. Keringkan vagina jangan sampai vagina lembab.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Keputihan ?

keputihan berwarna kuning

  • Hindari penggunaan handuk yang bersamaam.
  • Berhati-hati ketika menggunakan toilet umum.
  • Bilaslah vagina dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan kebelakang.
  • Jagalah kebersihan pada area vagina.
  • Hindari tukar-tukaran celana dalam dengan wanita lain.
  • Lakukan pola hidup yang sehat, olah raga, cukup tidur, makanlah makanan yang bergizi dan seimbang.
  • Jangan berganti-ganti pasangan saat berhubungan seksual.
  • Pada wanita wajib melakukan papsmear setiap tahun sekali khususnya wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seks agar dapat mendeteksi bakteri yang ada di leher rahim dan dimulut.

 

Comments are closed.