Apa Penyebab Keputihan Berwarna Coklat ?

sipilis-pada-wanita-4
Kenali Penyakit Sipilis Pada Wanita
kutil kelamin
Penyebab, Gejala & Pengobatan Kutil Kelamin

Apa Penyebab Keputihan Berwarna Coklat ?

keputihan berwarna coklat

keputihan berwarna coklatKeputihan menjadi hal yang wajar bagi setiap wanita pada segala usia. Lalu apakah keputihan berwarna coklat masih bisa dikatakan wajar ?
Keputihan yang warnanya coklat gelap ataupun coklat muda sudah tidak wajar lagi. Karena menyebabkan rasa tidak nyaman terutama bagi wanita yang sudah menikah, selain tidak nyaman, keputihan berwarna coklat juga menyebabkan rasa gatal dan sakit pada area vagina.

Proses keputihan sejatinya mempunyai peranan dan manfaat penting bagi system reproduksi pada wanita, karena keputihan adalah proses dari pembuangan cairan yang dihasilkan dari vagina dan kelenjar yang di dalam serviks. Cairan ini berfungsi untuk membawa  sel mati beserta bakteri yang nantinya bekteri ini menyebabkan infeksi. Dengan adanya keputihan, maka vagina akan menjadi sehat dan bersih.

Apa Penyebab Keputihan Berwarna Coklat ?

penyebab keputihan berwarna coklat

Biasanya keputihan berwarna coklat akan muncul pada akhir masa menstruasi atau ketika wanita tersebut sedang hamil. Pada kondisi normal, keadaan tersebuat adalah tanda dari ovulasi, mendekati masa menopause, masa awal kehamilan ataupun sudak masuk masa menopause. Hal ini juga dapat menyebabkan pendarah pada dinding rahim, yang biasanya terjadi diujung siklus menstruasi ataupun sebelum menstruasi dimulai. Keputihan berwarna coklat juga dapat diakibatkan oleh implantasi janin. Pada dinding rahim terdapat penanaman telur yang dibuahi. Hal ini adalah penyebab umum keputihan berwarna coklat.

Keputihan yang merupakan tanda kehamilan adalah keputihan yang berwarna coklat, merah ataupun merah muda. Setelah pembuahan berlangsung selama 10-14 hari, maka keputihan ini dapat dikategorikan keputihan yang normal. Penyebab keputihan berwarna coklat juga tanda bahwa adanya gangguan kesehatan. Beberapa penyebab keputihan yang berwarna coklat yang mengganggu kesehatan :

1. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, trikomoniasis, dan kutil kelamin, salah satu tandanya adalah keputihan berwarna coklat. Gejala lain yang dirasakan penderita adalah perih, bau, ruam dan juga gatal.

2. Polip Rahim (Polip Serviks)

Polip rahim adalah penyakit yang di sebabkan oleh keputihan yang berwarna coklat dengan gejala seperti darah yang keluar saat menstruasi berlebihan dan juga pendarahan setelah berhubungan intim.

3. Kanker Serviks

Jika keputihan yang keluar tidak berwarna tetapi berbau dan gatal di area vagina itu juga pertanda adanya gangguan pada kesehatan tubuh anda. Keputihan yang berwarna coklat di sebabkan juga karena kanker serviks. Lalu perhatikan gejala-gejala lain seperti nafsu makan berkurang, berat badan turun secara drastic, sakit pada bagian tungkai dan pinggul, serta kelelahan yang berlebihan.

4. Atrovi Viginitis

Atrovi vaginitis adalah peradangan pada vagina yang mengakibatkan kekurangan hormon esterogen. Wanita yang mengalami hal ini akan terasa sakit saat berhubungan seksual, vagina akan mengeluarkan keputihan berwarna coklat dan juga vagina terasa kering.

 

Comments are closed.